#

09 September 2009

DARI FESTIVAL BUDAYA BUMI KHATULISTIWA

Festival Budaya Bumi Khatulistiwa sebagai event yang paling bergengsi dalam Calender of Event daerah tujuan wisata Kalimantan Barat yang telah digelar pada tanggal 21-23 September 1993 yang lalu usai sudah.
Jerih payah panitia penyelenggara di dalam menggali dan menyajikan khasanah seni budaya Kalimantan Barat yang diwujudkan dalam berbagai macam atraksi telah berhasil dengan tertib, lancar dan sukses. Keberhasilan ini tidak luput dari kerja keras pihak-pihak terkait, baik instansi Pemerintah, swasta maupun masyarakat tidak terkecuali media massa.


Kesan dan pesan dari para pengunjung yang ditulis dalam buku tamu yang disiapkan telah memberikan jawaban positif tentang keberhasilan penyelenggaraan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa Tahun 1993. Sebagai contoh adalah Pameran yang digelar DEKRANASDA TK I Khalimantan Barat yang menyungguhkan koleksi ragam tenun dan kain tradisional daerah Kalimantan Barat.
Pada pameran tersebut dapat dilihat betapa banyak mkitotif maupun pewarnaan tenun dan kain tradisional daerah Kalimantan Barat. Untuk diketahui dan selanjutnya dikembangkan oleh masyarakat agar tidak hilang ditelan zaman. Prakarsa untuk menampilkan Ragam Tenun dan Kain Tradisional itulah yang patut mendapat acungan jempol, karena tampilnya koleksi tersebut dalam pameran yang banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan.
Hal ini dapat membangkitkan dorongan kepada masyarakat untuk mengenal, mencintai, menghargai serta merasa memiliki kain tenun tradisional daerah yang bernilai seni tinggi sebagai bagian dari seni dan budaya bangsa.
Di samping itu berbagai atraksi menarik lainnya telah mewarnai Festival Budaya Bumi Khatulistiwa yang mendapat kunjungan ribuan penonton, pada upacara pembukaannya, di tepian sungai Kapuas di depan kantor Walikota madya dan Korem.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukkan komentar Anda di sini